UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE SOSIODRAMA

Wizliyani Agustina H, Husain Ibrahim, Husain Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanperkembangan keterampilan sosial anak melalui metode sosiodrama di Kelompok B TK Nurul Jannah Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 10 anak perempuan dan 5 anak laki-laki dengan rentan usia 5-6 tahu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 64,57%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 57,29% sedangkan hasil belajar anak berupa peningkatan perkembangan keterampilan sosial anak melalui metode sosiodrama sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67% anak memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 60%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 85,43%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 85,43 % dan hasil belajar anak berupa peningkatan perkembangan keterampilan sosial anak melalui metode sosiodrama meningkat sebesar 86,67%.

Kata kunci: Perkembangan, Keterampilan Sosial, Metode Sosiodrama.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Carol & Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarata: PT Indeks

Depdiknas. 2004. Apa, Mengapa, dan Siapa yang Bertanggung Jawab terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini?. Jakarta: Direktorat PAUD.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Djaali, 2015.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung-Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Luluk, Khurotul Aini dan Mochamad Nursalim. 2012. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Vol. 13, No. 1.

Perdami, Putri Admi. 2014. Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 8 Nomor 1.

Suprihatiningsih.2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish

Shalahuddin, Mahfudh. 2014. Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Untuk Membantu Siswa Terisolasi. Jurnal Kependidikan Islam Vol. 4 No. 1.

Wahyudin, Uyu. Agustin, Mubiar, 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id