MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM MEMBENTUK OBJEK MELALUI KARDUS GEOMETRI

Fita Sari, Nurhayati Nurhayati, Salim Salim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam membentuk objek melalui kardus geometri di Kelompok B TK Kondowa Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksaan Tindakan, (3) Observasi dan evaluasi, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Kelompok B TK Kondowa Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan dengan rentang 5-6 tahun.Temuan penelitian terhadap hasil belajar anak didik tentang peningkatan kreativitas dalam membentuk objek melalui kardus geometri diperoleh persentase ketercapaian pada siklus I sebesar 66,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,3%. Sedangkanpada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 57,1% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,8%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas dalam membentuk objek di kelompok B TK Kondowa Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton dapat ditingkatkan melalui kardus geometri.                                                               

Kata kunci: Kreativitas, Membentuk Objek, Kardus Geometri


Full Text:

UNDUH FILE

References


Ana, Craft. 2004. Membangun Kreativitas Anak. Depok: Insani Press.

Anonim. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Anonim. 2001. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Negoro, ST. 2003. Ensiklopedia Matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Tombokan, Rontukahu. 1996. Pengajaran Matematika Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Utami, Munandar. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yeni Rahmawati & Euis Kurniati, 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id