UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIS-LOGIS MELALUI ALAT PERMAINAN MEMANCING IKAN

Yuni Dwi Rahayu, Arvyaty Arvyaty

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematis-logis melalui alat permainan memancing ikan di Kelompok B TK Tunas Mutiara Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok B Taman Kanak-kanak Tunas Mutiara yang berjumlah 15 anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Berdasarkan hasil evaluasi tentang peningkatan kemampuan matematis-logis melalui alat permainan memancing ikan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan analisis hasil belajar anak didik secara klasikal, pada siklus I diperoleh persentase yaitu 60% atau 9 orang dari 15 anak, dimana ada 4 anak yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 5 anak yang dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 86,66% atau 13 orang dari 15 anak, dimana ada 8 anak yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 5 anak yang berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematis-logis di kelompok B TK Tunas Mutiara Kendari dapat ditingkatkan melalui alat permainan memancing ikan.

Kata Kunci: Kemampuan Matematis-Logis, Alat Permainan Memancing Ikan, Anak.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Aisyah, Sitti, dkk. 2010. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anonim. 2001. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Arif, Immawan Muhammad. 2016. Alat Permainan Edukatif Out Door yang digunakan mengembangkan motorik kasar di TK Se-kecamatan Wonosari Gunung Kidul. Junal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 8.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Busthomi, M Yasid. 2012. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Citra Publishing.

Cahyo, Agus. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asas Otak Kiri Anak. Jogjakarta: FlashBooks.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Masitoh, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Montolalu, dkk. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Musfiroh, Takdiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pedidikan Anak Usia Dini.

Retnaningrum, Wulandari. 2016. Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak UsiaDini melalui Media Bermain Memancing. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 3, No. 2 : 210.

Suhendri, Huri. 2012. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis , Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, MP: 398.

Sujiono, Yuliani dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id