MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOTO

Nini Darma Susanti, Muamal Gadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan di kelompok ATK Kartika XX-46 kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 14 orang yang terdiri atas 11 orang anak perempuan dan 3 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanmetode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis evaluasi belajar anak dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui media loto menunjukan adanya peningkatan.. Sebelum tindakan dapat diperoleh persentase 43% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 22% sehingga menjadi 65%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21% dari siklus I sehingga menjadi 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui media loto di Kelompok A TK Kartika XX-46 Kendari dapat ditingkatkan melalui media loto.

Kata kunci: Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, Media Loto, Anak.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Eliyawati Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Gilar, Gandana, dkk. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Balok Cuiseinaire.Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK AT-Toyyibah. [Online]. [20 Januari 2018].

Latif Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Pranamedia Group.

Negoro, ST. & Harahap, B. 1998. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indoneia.

Menteri Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta:

Suardiman, S. P. 2011. Psikologi Lanjut Usia. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Slamet, Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yufiarti, dkk. 2012. Sejarah dan Dasar-Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: CHCD Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id