MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF HIJAIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan dan anak di Kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase tercapai sebesar 53,8% atau 7 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan siklus II persentase tercapai aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,4% atau 12 aspek dari 13 aspek yang diamati. Pada aktivitas belajar anak pada siklus I persentase tercapai sebesar 61,5% atau 8 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan persentase tercapai aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 84,6 % atau 11 aspek dari 13 aspek yang diamati. Berdasarkan observasi awal kemampuan sosial emosional anak didik sebesar 35%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 60% ke siklus II sebesar 85%.
Kata kunci: Kemampuan Sosial Emosional, Permainan Kartu, Huruf Hijaiyah.
Full Text:
UNDUH FILEReferences
Aisyah, Siti dkk. 2007. Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dahlan, D. 2014. Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Direktorat PAUD. 2004. Apa, Mengapa, dan Siapa yang Bertanggung Jawab terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini?. Jakarta: Depdiknas.
Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: Diva Press
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Gunarti, Winda. 2010. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Diva Press.
Mubiar, Agustin. 2008. Strategi Pengembangan Sosial-Emosional Anak Taman Anak-Kanak, Dalam Bahan Ajar Pendidikan Dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Bandung.UPI.
Suyadi. 2009. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syaodih, Ernawulan. 2003. Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 6-8 Tahun). Bahan Pelatihan Pembelajaran Terpadu Yayasan Pendidikan Salman Al Farisi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085219103516
Email: goldenage@uho.ac.id