MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF HIJAIYAH

Rini Srianjayani, Bambang Sugianto, Sukriati Sukriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan dan anak di Kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase tercapai sebesar 53,8% atau 7 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan siklus II persentase tercapai aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,4% atau 12 aspek dari 13 aspek yang diamati. Pada aktivitas belajar anak pada siklus I persentase tercapai sebesar 61,5% atau 8 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan persentase tercapai aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 84,6 % atau 11 aspek dari 13 aspek yang diamati. Berdasarkan observasi awal kemampuan sosial emosional anak didik sebesar 35%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 60% ke siklus II sebesar 85%.

 Kata kunci: Kemampuan Sosial Emosional, Permainan Kartu, Huruf Hijaiyah.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Aisyah, Siti dkk. 2007. Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dahlan, D. 2014. Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Direktorat PAUD. 2004. Apa, Mengapa, dan Siapa yang Bertanggung Jawab terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini?. Jakarta: Depdiknas.

Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: Diva Press

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Gunarti, Winda. 2010. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Diva Press.

Mubiar, Agustin. 2008. Strategi Pengembangan Sosial-Emosional Anak Taman Anak-Kanak, Dalam Bahan Ajar Pendidikan Dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Bandung.UPI.

Suyadi. 2009. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Syaodih, Ernawulan. 2003. Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 6-8 Tahun). Bahan Pelatihan Pembelajaran Terpadu Yayasan Pendidikan Salman Al Farisi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id