MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM KAIN FLANEL

Asni Asni, Dorce Banne Pabunga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam kain flanel di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki dengan rentan usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 64,29%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 57,14% sedangkan hasil belajar anak berupa kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam kain flanel sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,3% anak yang memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 66,7%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,86%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 92,86 % dan hasil belajar anak berupa peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam kain flanel meningkat sebesar 93,3%.

 Kata kunci: Motorik Halus, Menganyam, Kain Flanel.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Santi, Danar. 2009. Pendidikan AUD Antara Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Sujiono, Bambang. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardani, IGAK & Kuswaya, Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (edisi 1). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id