MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS

Darlia Darlia, Muhamad Safiuddin Saranani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melukis pada kelompok A Taman Kanak-kanak Smart School Anduonohu Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok A Taman Kanak-kanak Smart School Anduonohu yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri atas 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki dengan rentang usia 4-5 tahun. Hasil evaluasi belajar anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melukis menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat ditunjukkan pada hasil observasi awal sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan diperoleh presentase kegiatan melukis anak sebesar 45% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 60%. Pada siklus II observasi aktivitas mengajar guru melalui kegiatan melukis mengalami peningkatan sebesar 90% dan aktivitas belajar anak pada siklus II diperoleh presentase kegiatan melukis sebesar 88,8%. Sedangkan hasil evaluasi belajar anak kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak pada kelompok A Taman Kanak-kanak Smart School Anduonohu Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan melukis. 

Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Melukis, Anak.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang, Sujiono. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Carol Seefeld& Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Proyek PAUD

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2009. Permendikna No. 58. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, R. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mayke, S Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Pramita W. Ecka. 2010. Dahsyatnya Otak Anak Usia Emas. Yogyakarta : Interprebook.

Slamet, Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Sukamti. 2007. Faktor-Faktor Motorik Halus Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id