MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KINESTETIK ANAK MELALUI BERMAIN BOLA

Yuliati Yuliati, Dorce Banne Pabunga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kinestetik anak melalui kegiatan pembelajaran bermain bola di Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap-tahap penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari yang berjumlah 14 orang yang terdiri atas 7 anak didik perempuan dan 7 anak didik laki-laki. Berdasarkan hasil belajar anak didik tentang pengembangan kemampuan kinestetik anak melalui bermain bola pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71,42% dan mengalami peningkatan pada siklus II  dengan persentase ketercapaian sebesar 85,71%. Hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 19 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 73,68%. Sedangkan pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 89,47%. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 16 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 62,5%. Sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan kinestetik di Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari dapat ditingkatkan melalui bermain bola.

Kata kunci: Kemampuan Kinestetik, Bermain Bola, Anak

Full Text:

UNDUH FILE

References


Arikunto, Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakrta: PT Raja Grafindo Persada.

Margono. S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina, 2009. PenelitianTindakanKelas Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trimanjuniarso. 2008. Teori Kecerdasan Kinestetik. [Online]. Tersedia http: //wordpress.com/2008/01/23/teori.kecerdasan [10 Oktober 2016].

YudhaM. Saputra. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id