MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BONGKAR PASANG PUZZLE LOGIKA

Wa Ode Fitri, Husain Ibrahim

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan visual spasial melalui kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 10 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada observasi awal diperoleh persentase sebesar 26,7% atau 4 orang anak didik dari 15 anak didik.  Siklus I diperoleh persentase sebesar 53,3% atau 8 orang anak didik dari 15 anak didik. Siklus II diperoleh persentase sebesar 86,7% atau 13 orang anak didik dari 15 anak didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan visul spasial di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika.

Kata kunci: Kemampuan Visual Spasial, Bermain Bongkar Pasang, Puzzle Logika


Full Text:

UNDUH FILE

References


Anonim. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Anonim. 2001. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Adhim, Mohammad Fauzil. 2006. Parenting Guide: Dialog Imajiner tentang Cara Mendidik Anak Berdasarkan AL-Quran, As-Sunah, dan Psikologi. Jakarta Selatan: Hikmah (PT. Mizan Publika).

Aisyah, Siti, Dkk. 2008. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kayvan, Umi. 2009. 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta: Mediakita.

Misbach, Patmonodewo. 2010. Pengertian Media Puzzle. [Online]. Tersedia: http://www.acamedia.edu/9717051/Pengertian_Media_Puzzle_Menurut Patmonodewo_Misbach [22 Desember 2016].

Sujiono, Yuliani Nurani, Dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.

Wardhani, Igak & Wihardit, Kusmaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id