MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN PENGELOMPOKKAN BENDA

Sukmawati Kasim, Muamal Gadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankemampuan kognitif  melalui kegiatan  pengelompokkan benda  pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kandeli Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kandeli yang berjumlah 18 orang yang terdiri atas 11 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian mengikuti prosedur Penelitian Tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Hasil tentang kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengelompokkan benda menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal diperoleh persentase 28%, pada siklus I diperoleh persentase 61%, dan pada siklus II di peroleh persentase ketuntasan 83%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Dharma Wanita Kandeli Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna dapat ditingkatkan melalui kegiatan pengelompokkan benda

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Pengelompokkan Benda, Anak


Full Text:

UNDUH FILE

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bundu, Patta. 2006. Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains– SD. Jakarta :Depdiknas

Carol Seefeld& Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Proyek PAUD.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2009. Permendikna No. 58. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Depdiknas

Dikdasmen. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jalarta Kemendiknas

Kusumah, Wijaya, dkk.2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisike II. Jakarta: PT. Indeks

Nugraha Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi

Piaget, Jean & Barbel Inhelder. 2010. Psikologi Anak. (Penerjemah: Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id