MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOK POLA GAMBAR

Sufaeni Sufaeni, Aisyah Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mencocok pola gambar pada kelompok B di TK Kuncup Bahari Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B1 TK Kuncup Bahari Kendari berjumlah 15 orang yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 4 anak laki-laki berusia 5 sampai 6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti tahap-tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan analisis data pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebanyak 11 aspek yang diamati dan 6 aspek yang telah dicapai guru, diperoleh 54,55%. Sedangkan kegiatan belajar anak sesuai lembar observasi sebanyak 12 aspek dan 6 aspek yang telah dicapai anak, diperoleh 50%. Pada siklus II, aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 90,90%, sedangkan kegiatan belajar anak meningkat menjadi 91,67%. Berdasarkan analisis data observasi awal kemampuan motorik halus anak didik sebesar 33,33%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 53,33% ke siklus II sebesar 86,67%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan mencocok pola gambar di kelompok B TK Kuncup Bahari Kendari.

Kata kunci: Keterampilan, Motorik Halus, Mencocok Pola Gambar


Full Text:

UNDUH FILE

References


Agustina, Linda. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Mencocok Pola Gambar Di Kelompok B PAUD Serasan Kec. Ps. Manna, Kab. Bengkulu Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. Bengkulu: Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Bengkulu.

Arikunto, Suharsimi . 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dikdasmen. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jalarta: Kemendiknas.

Munica, Yunita Dewanti. 2013. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Kelompok B di TK PKK Sindumartani Ngemplak,Sleman.Skripsi.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana PersadaMedia Group.

Poerwadarminta, W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Rini Yurnietha. 2012.Upaya Meningkatkan Kemampuan Mencocok Anak Usia Dini 5-6 Tahun dengan Media di TK Al-Ikhwan Mandiri. [online]. Tersedia: http://paudbundarini.blogspot.co.id. [08 Februari 2017]

Saputra, Yudha M. & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Sukadiyanto. 1997. Keterampilan Motorik. Yogyakarta.Gama Media.Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Sumantri. 2005. Pendekatan Pengembangan Motorik Halus. Jakarta: Depdiknas.

Tasnila.2012. Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan pada Anak Tunagrahita Sedang. [Online]. Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu [23 April 2016].

Toho dan Gusril. 2004. Fungsi Utama Motorik. Jakarta: Depdiknas.

Yestiari, Ni Luh Ami, dkk. 2014. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Setelah Diterapkan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Gambar Melalui Kegiatan Mencocok Pada Anak Kelompok A Tahun Pelajaran 2013/2014 di TK Widya Kumara Singaraja. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id