MENINGKATKAN PENGENALAN SENI KREATIF ANAK MELALUI PEMANFAATAN KAIN PERCA

Nur Hasanah, Salwiah Salwiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak  didik di Kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 14 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71% atau 10 aspek yang tercapai dan ada 4 aspek yang tidak mengalami ketercapian atau sebesar 29%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 93% atau 13 aspek yang tercapai dan 7% atau 1 aspek yang tidaktercapai. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 13 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 62% atau 8 aspek yang tercapaidan 38% atau 5 aspekyang tidak tercapai, sedangkan aktivitas belajar anak siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% atau 12 aspek yang tercapaidansebesar 8% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengenalan seni kreatif anak dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kain perca dikelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari.

Kata kunci: Seni Kreatif,  Anak, Pemanfaatan Kain Perca


Full Text:

UNDUH FILE

References


Agustin, Uyu Wahyudin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Refika Aditama.

Aqib, Zaenal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Carol Seefeld& Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Proyek PAUD.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dwi, Siswoyo. Et al. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Kusumatuti, Eni. 2009. Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Seni Tari, dalam Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 39, No. 2. Jakarta.

Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Alphabeta.

Rifki, Aziz dan Nurheti Yuliart. 2014. Bisnis menggiurkan Dari Kain Perca. Jakarta: Kompas Gramedia.

Salim. Penggunaan E-Learning Edmodo Pada Mahasiswa Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo. Jurnal Smart PAUD, Vol.1, No.1 : 26-32.

Sari, Novita. Novita Sari. 2014. Metode Montessori dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal penelitian UIN Sunan Kalijaga.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdikbud.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Edisi 4. Jakarta: Depdiknas.

Wahyuning. 2012. Konsep Manajemen. [Online]. Tersedia: www.google.com.digilib.unila.ac.id/8752/77/BAB%20II.pdf. [17 Juni 2017]..




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id