MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MOZAIK MENGGUNAKAN BAHAN BIJI-BIJIAN

Lisa Rosalia, Ratulangi Ratulangi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membuat mozaik menggunakan bahan biji-bijian di kelompok B TK Sanggula Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.  Berdasarkan hasil belajar anak tentang peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membuat mozaik menggunakan bahan biji-bijian pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 60% atau 10 anak didik dan ada 5 orang anak didik yang tidak mengalami ketercapaian sebesar 33% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketercapaian sebesar 86% atau 13 anak didik, sedangkan anak yang tidak mengalami ketercapaian sebesar 14% dari 15 orang anak didik. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motorik halus anak kelompok B TK Sanggula Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe dapat ditingkatkan melalui kegiatan membuat mozaik menggunakan bahan biji-bijian tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Motorik Halus, Mozaik, Biji-Bijian.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Anonim. 2001. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hajar, Pamadhi. 2008. Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Jakarta: Fakultar Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraeni. 1997. Intervensi Dini bagi Anak Bermasalah. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemarjadi, Muzni Ramanto & Wikdati Zahri. 2015. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Rektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasionl.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wahyudin, Uyu. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditma.

Yuda M. Saputra dan Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id