MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN LARI KARUNG

Fitriani Fitriani, Muhamad Safiuddin Saranani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kinestetik anak melalui permainan lari karung di Kelompok B TK Sangia Jampaka Kabupaten Buton Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas.  Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak di TK Sangia Jampaka Kabupaten Buton Tengah. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh presentase ketercapaian sebesar 66,67%, sedangkan siklus II presentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 83,33. Pada aktivitas belajar anak pada siklus I presentase ketercapaian sebesar 83,33%, sedangkan presentase ketercapaian aktivitas belajar anak pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 91,67. Berdasarkan analisis data aktivitas hasil belajar  pada siklus I diperoleh presentase 73,33%. Pada siklus II diperoleh presentase sebesar 93,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kinestetik anak di TK Sangia Jampaka Kabupaten Buton Tengah dapat ditingkatkan melalui permainan lari karung.

Kata kunci: Kemampuan Kinestetik, Permainan Lari Karung, Anak.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Amstrong, Thomas. 2009. Education Games Penduan Praktis yang Menjadi Anak Anda Cerdas, kratif, dan soleh. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2015. Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Press.

Aqib, Zaenal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Askalin. 2013. 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat. Yogyakarta : Nyo-nyo.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fahmilia, Rumita. 2013. Penerapan permainan Lompat tali dalam upaya meningkatkan kecerdasan Kinestetik Anak. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Montolalu, B.E.F. dkk. 2010. Bermian dan Permainan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sefrina, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id