MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA

Ayunita Saribu, Afifah Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita di kelompok B TK Mekar Indah Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B TK Mekar Indah Kendari yang berjumlah 16 anak didik yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh presentase ketercapaian sebesar 73%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 91%. Aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh presentase ketercapaian sebesar 64%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82%. Sedangkan hasil belajar anak menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan diperoleh presentase sebesar 31%. Pada siklus I diperoleh presentase sebesar 56%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di kelompok B TK Mekar Indah Kendari.

Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita, Anak

Full Text:

UNDUH FILE

References


Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachri, Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Dikdasmen. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jalarta Kemendiknas.

Ecka, Pramita. 2010. Dahsyatnya Otak Anak Usia Emas, Panduan Pendidikan Orang Tua Dan Guru. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional dalam Terbitan Interprebook.

Mansyur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ngalimun. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Yamin Martinis, & Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan Paud Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat : Gaung Persada Press Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id