MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN ORIGAMI BERGERAK (ACTION ORIGAMI)

Asni Mansyur, Bambang Sugianto, Sukriati Sukriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui kegiatan origami bergerak (action Origami) di kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian mengikuti prosedur Penelitian Tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Hasil tentang  kreativitas anak melalui kegiatan origami bergerak (action origami) menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal diperoleh persentase 33,33% %, pada siklus I diperoleh persentase 60%, dan pada siklus II di peroleh persentase ketuntasan 86,67%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreatifitas di kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan origami bergerak (action origami).

Kata kunci: Kreativitas, Origami, Anak.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005.Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Media Abadi.

Rachmawati, Yeni & Euis Kurniati. 2010. Strategi PengembanganKreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sujiono, Yuliani Nurani.2005.Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Sumantri, MS.2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak UsiaDini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal PendidikanTinggi,Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Wahyudin, Uyu & Agustin, Mubiar. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id