MENINGKATKAN PENGENALAN RUKUN ISLAM MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELOMPOK B SENTRA PERSIAPAN TK KARTIKA XX-46 KOTA KENDARI

Yesti Afriani, Sri Yuliani M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan rukun Islam melalui media kartu bergambar di Kelompok B Sentra Persiapan TK Kartika XX-46 Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B Sentra Persiapan TK Kartika XX-46 Kota Kendari yang berjumlah 20 orang yang terdiri atas 12 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Berdasarkan hasil tentang pengenalan rukun Islam melalui media kartu bergambar menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I diperoleh persentase yaitu sebesar 65% dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengenalan rukun Islam di kelompok B Sentra Persiapan TK Kartika XX-46 Kendari dapat ditingkatkan melalui media kartu bergambar.

Kata kunci: Rukun Islam, Kartu Bergambar, Anak.


Full Text:

Unduh File

References


Andrianto, Tuhana Taufiq. 2013. Cara Cerdas Melejitkan IQ Kreatif Anak. Yogyakarta: Katahati.

Darajat, Zakiah. 1984. Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Jalaluddin. 2002. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Labib dan Ridha’ie. 2009. Bimbingan Sholat 5 Waktu. Surabaya: Pustaka Agung Harapan Surabaya.

Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi.

............ 2015. Cerdas Dengan Spiritual Educational Games. Yogyakarta: Saufa

Ula, Nur Mas. 2011. Efektifitas Media Kartu Gambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Di Taman Kanak-Kanak Aisiyah Bustanul Athfal 2. Skripsi Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. [Online]. Tersedia: http//digilib.uinsby.ac.id/9277/. [26 Juli 2016].

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id