MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK DARUL FALLAH KENDARI

Wa Ode Feni, Arvyaty Arvyaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak melalui Media Kartu Angka Bergambar  di TK Darul Fallah Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan anak Taman Kanak-Kanak Darul Fallah Kendari yang berjumlah 15 orang anak, masing-masing anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Berdasarkan hasil analisis peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui media kartu angka bergambar menunjukan adanya peningkatan, hal ini dapat ditunjukan pada hasil observasi awal sebelum tindakan dan sesudah tindakan sebesar 40% dari 15 anak didik, pada siklus I meningkat menjadi 60% dari 15 anak pada siklus 2 meningkat menjadi 86% dari 15 anak.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak dapat ditingkatkan melalui media kartu angka bergambar di TK Darul Fallah Kendari.

 

Kata kunci: Kemampuan Berhitung Permulaan, Kartu Angka Bergambar, Media.


Full Text:

Unduh File

References


Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Referensi.

Eliyawati, Cucu. 2005. Langkah-langkah Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamaris, Martini. 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Latif Mukhtar, 2013. Jenis Jenis Media Kartu Angka Bergambar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munandar. 2011. Pengertian Kemampuan Jakarta: Universitas Terbuka

Musfiroh, 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sadiman. 2008. Pengertian Media Kartu Angka Bergambar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saputra, M. 2005. Keunggulan Media Kartu Angka Bergambar. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, 2011. Berhitung Permulaan. Jakarta: Kecana Prenada Media Group

Suyadi. 2001. Mengenal Lambang Bilangan. Klaten: Intan Pariwara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yufiarti, Titi Chandrawati.2008. Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id