MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENEMPEL PADA POLA DI KELOMPOK B TK NEGERI MELATI MEKAR KECAMATAN WOLASI

Sriwati Sriwati, Aisyah Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus  anak melalui kegiatan menempel pada pola di Kelompok B TK Negeri Melati Mekar Kecamatan Wolasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B TK Negeri Melati Mekar Kecamatan Wolasi yang berjumlah 20 orang yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar anak melalui kegiatan menempel pada pola menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan pada siklus I diperoleh keberhasilan anak mencapai persentase 60% dan pada siklus II diperoleh keberhasilan dengan persentase 85%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus  anak di Kelompok B TK Negeri Melati Mekar dapat ditingkatkan melalui kegiatan menempel pada pola.

 

Kata kunci: Motorik Halus, Menempel, Pola.


Full Text:

Unduh File

References


Beaty. Janice. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Gordon, A. Mand Browne. K.W. 1985. Beginning and beyond fondation in early childhood education. New York: Delmer Publisher.

Hildebrand, Verna. 1986. Introduction to Early Childhood Education, 4th, ed. New York : Mac Millan Publishing Co.

Mahendra. 1998. Teori Belajar & Pembelajaran Motorik. Bandung: Andira.

Retno, Widyani & Danis, Widyastuti. 2008. Panduan Perkembangan Anak 0-1 Tahun. Jakarta: Puspa Swara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yudhistira, Dadang. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: Grasin.

Yunanto. 2005. Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta. Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id