MENINGKATKAN PENGENALAN IBADAH SHALAT ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR GERAKAN SHALAT DI KELOMPOK B1 TK WULELE SANGGULA II KAMPUS BARU UHO KOTA KENDARI

Sartina Sartina, Husain Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan ibadah shalat anak melalui media gambar gerakan shalat di Kelompok B1 TK Wulele Sanggula II Kampus Baru UHO Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalan dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B1 TK Wulele Sanggula II Kampus Baru UHO Kota Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I diperoleh persentase 60% dan pada siklus II diperoleh persentase 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengenalan ibadah shalat anak di Kelompok B1TK  Wulele Sanggula II Kampus Baru UHO Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui media gambar gerakan shalat.

 

Kata kunci: Ibadah Shalat, Media Gambar, Gerakan Shalat.


Full Text:

Unduh File

References


Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fatkiyah, Umi. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih dalam Gerakan Shalat melalui Penggunaan Media Gambar. Skripsi Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga

Hamalik, Oemar. 1997. Media Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Khairunnas, Rajab. 2011. Psikologi Ibadah. Jakarta: Amzah.

Labib. 2002. Pedoman & Bimbingan Shalat Sunnat (Lengkap Beserta Do’a Dzikir & Tata Cara Shalat dan Fadlilah Shalat Sunnat). Surabaya: Terbit Terang.

Muhaiminurrochman. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Pengamalan Ibadah Shalat dengan Strategi Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Negeri Loano Kabupaten Purworejo. Skripsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tetang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Robingan, 2009. Teladan Utama Pendidikan Agama Islam untuk Kelas VII SMP. Ngawi: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sa’ad, Karim Alfiqy. 2007. Agar tidak Salah dalam Mendidik Anak. Solo: Media Insani Publishing.

Sadiman, Arief, dkk. 1996. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja MGrafindo.

Santoso, Soegeng. 2011. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini menurut Pendirinya 2. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Wahyudin, Uyu & Gustin, Mubiar. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Wardhani, Igak & Wihardit, Kusmaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id