MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN DADU PADA KELOMPOK B TK MUTIARA HATI KENDARI

Nofia Sari Yono, Mansyur Mansyur

Abstract


Penelitian ini di landasi karena rendahnya kemampuan berhitung anak di TK Mutiara Hati Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media permainan dadu pada kelompok B TK Mutiara Hati Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti tahap-tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Mutiara Hati Kendari berjumlah 15 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan observasi awal kemampuan berhitung anak didik sebesar 53,33%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 66,66% ke siklus II sebesar 93,33%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak dapat ditingkatkan melalui media permainan dadu pada kelompok B TK Mutiara Hati Kota Kendari.

 

Kata kunci: Kemampuan Berhitung, Media, Permainan Dadu.


Full Text:

Unduh File

References


Cahyo, Agus N. 201. Game Khusus Penyeimbang Otak Kanak dan Kiri Anak. Jakarta: Buku Kita.

Connolly. 2004. 30 Permainan Matematika untuk TK Sampai Kelas 2 SD. Bandung : Pakar Raya.

Depdiknas. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Depdiknas: Jakarta.

--------------. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat PAUD. 2004. Apa, Mengapa, dan Siapa yang Bertanggung Jawab terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini?. Jakarta: Depdiknas.

Hariwijaya, Muh. dan Sustiwi, Atik. 2008 Pendekatan Multiple Intelligence. Yogyakarta: Khazanah Ilmu-ilmu Terapan.

Peraturan Pemerintah No.58 Tahun 2009. Tentang Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Permen Diknas

Sriningsih, N. 2008. Implementasi Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto. 2005. Dasar–dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Yudhistira, D. 2013. Menulis penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id