MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KENDARI

Niarti Niarti, Dorce Banne Pabunga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita di Kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok B yang berjumlah 14 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan diperoleh 6 orang dari 14 anak dengan persentase sebesar 43% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 64% atau 9 orang dari 14 anak. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 86% atau 12 orang dari 14 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak Kelompok B TK  Wulele Sanggula II Kendari dapat ditingkatkan melalui metode bercerita.

 

Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Bercerita, Anak.


Full Text:

Unduh File

References


Bachri, S. Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

Direktorat PAUD. 2004. Apa, Mengapa, dan Siapa yang Bertanggung Jawab Terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini?. Departemen Pendidikan Nasional.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Referensi.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Slamet, St. Y. dan Amir. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bahasa Lisan dan Bahasa Tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyadi.2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yamin, Martinis.2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press group.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id