MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN KUBUS BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK KUNCUP PERUMNAS POASIA KENDARI

Mirnawati Mirnawati, Muamal Gadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kogniti anak mengenal angka melalui permainan kubus bergambar di kelompok B TK Kuncup Perumnas Poasia Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B TK Kuncup Perumnas Kendari yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian tentang kemampuan kognitif anak mengenal angka melalui permainan kubus bergambar  menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I diperoleh persentase yaitu sebesar 60%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Kuncup Perumnas Poasia Kendari dapat dikembangkan melalui permainan kubus bergambar.

 

Kata kunci: Kognitif Anak, Permainan, Kubus Bergambar.


Full Text:

Unduh File

References


Beaty. 1998. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung. Refika Aditama.

Dockett, S. & Fleer, M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood. Sydney: Harcourt

Gutama, 2006. Pedoman Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD, Dirjen PLS.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Jamaris, Martini., 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Program Pendidikan Anak Usia Dini PPS UNJ. Diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan Universitas Negeri Jakarta.

Kurikulum TK/RA. 2010. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta:Dir PTK/SD.

Lestari. 2009. Inspiring Education PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia.

Mayesty. 1990. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani . 2005. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

-------------------. 2010. Bermain Kreaktif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id