MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK LOKOMOTOR DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KENDARI

Hafian Hafian, Ratulangi Ratulangi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui gerak lokomotor kelompok B5.6 TK Negeri Pembina Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan  refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok B5.6 TK Negeri Pembina kendari yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa hasil belajar anak didik tentang peningkatan kemampuan motorik kasar melalui gerak lokomotor pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 70,8% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 91,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B5.6 TK Negeri Pembina kendari dapat ditingkatkan melalui gerak lokomotor.

 

Kata kunci: Motorik, Gerak Lokomotor, Anak.

Full Text:

Unduh File

References


Arikuanto, Suharsimi, et. al. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma’nur. 2011.Tips Pintar PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Laksana.

Cholik, Toho dan Rusli, Lutan. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Gallahue DL., & Ozmun JC. 2006. Selected Factor Affecting Motor Development In: understanding Motor Development : Infants. Children, Aldolencents. Adult with Power Web 6th ed. New York: Mac Graw Hill.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sujiono, Bambang. dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id