MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUIKEGIATAN MERONCE MANIK-MANIK PADA KELOMPOK B RA AR-RASYID KECAMATAN KAMBU KOTA KENDARI

Asniyar Hasno, Sitti Rahmaniar Abubakar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan meronce manik-manik pada kelompok B RA Ar-Rasyid Kecamatan Kambu Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok B RA Ar-Rasyid yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil evaluasi belajar anak dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan meronce manik-manik menunjukkan adanya peningkatan, sebelum tindakan diperoleh presentase sebesar 40% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 60%, kemudian  mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak pada kelompok B RA Ar-Rasyid Kecamatan kambu KotaKendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan meronce manik-manik.

 

Kata kunci: Kognitif, Meronce, Manik-Manik.


Full Text:

Unduh File

References


Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jamilah Sabri Sanan & Yamin, Martinis. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP Press.

Jumaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kemendiknas. 2010. Metode Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Unpublished.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Nomor 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

______. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Soetjiningsih, C. H. 2012. Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Wiyani, Ardi Novan dan Barnawi. 2013. Formal PAUD. Jogjakarta: Ar.Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id