MENINGKATKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B1 TK MUTIARA HATI KENDARI

Anggi Z askia DP, Bambang Sugianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai agama dan moral anak melalui metode bermain peran di kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Mutiara Hati Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan  refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B1 TK Mutiara Hati Kota Kendari berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I terdapat 2 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik dan 7 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan dengan persentasi 64,28%, pada siklus II terdapat 10 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik dan 13 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan  dengan persentasi 92,85%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai agama dan moral anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain peran di Kelompok B1 TK Mutiara Hati Kendari.

 

Kata kunci: Nilai Agama, Nilai Moral, Bermain Peran.


Full Text:

Unduh File

References


Aisyah, Siti. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bambang. 2006. Bahan Ajar Media Permainan Edukatif Kreatif. Jakarta: Depdiknas.

Darajat, Zakiyah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa . Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Gunarti, Winda., dkk. 2008. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hendriyani, Devi. 2015. Meningkatkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita I Padangan Desa Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kediri : Universitas Nusantara PGRI. [Online]. Tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id. [ 2 Januari 2016).

Hermansyah, dkk. 2000. Metode Pengembangan Agama, Moral, Disiplin, dan Afeksi. Bandung: Depdiknas.

Khoerunnisa, Nisa. 2015. Optimalisasi Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif dalam Mengasah Percaya Diri Anak Usia Dini. Samarinda: (PAUDI) IAIN.

Mayke. 2001. Bermain, Main dan Permainan. Jakarta: Gramedia.

Moeslichatoen 2004. Metode Pengajaran di TK : Rineka Cipta.

Musfiroh, Takdiroatun. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Otib. 2005. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta : Universitas Terbuka

Pusat Kurikulum Kemdikbud. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Wardani, IGAK & Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (edisi 1). Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i2.4002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id