MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KENDARI SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KENDARI

Kasmiani Kasmiani, Muamal Gadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui metode bermain peran pada anak kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari yang berjumlah 16 orang anak. Hasil evaluasi belajar anak menunjukkan adanya peningkatan sebelum tindakan dari 16 orang anak yang diamati diperoleh persentase ketercapaian sebesar 37,5%. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu diperoleh persentase ketercapaian sebesar 68,75 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu diperoleh persentase ketercapaian sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran.

 

Kata kunci: Pembelajaran, Keterampilan Sosial, Bermain Peran.


Full Text:

Unduh File

References


Adistyasari, Ria. 2013. Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Kerjasama Anak Dalam Bermain Angin Puyuh. Skripsi Universitas Negeri Semarang .[Online]. Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/18768/1/1601910003.pdf . [16 Januari 2016]

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

_________. 2006. Pedoman Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Dimyati, Johni. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana Prenada media Grup

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hildayani, Rini, dkk. 2011. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Iskandar, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Pres

Goleman, Daniel. 1996. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunarti, Winda dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurbiana Dhieni, dkk. 2010. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i1.3203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id