MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B TK KUNCUP BERINGIN KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI

Iis Wahyuni Latif, Dorce Banne Pabunga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui media gambar pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Kuncup Beringin Kecamatan Poasia Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B TK Kuncup Beringin Kota Kendari yang berjumlah 18 anak didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian meningkatkan keterampilan bercerita anak melalui media gambar menunjukan terdapat peningkatan, hal ini dapat ditunjukkan pada hasil observasi awal sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan diperoleh presentase sebesar 50% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 61%. Pada siklus II diperoleh presentase sebesar 89% ketuntasan secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita anak pada kelompok B Taman Kanak- kanak Kuncup Beringin Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui media gambar.

Kata kunci: Kemampuan, Cerita, Media Gambar.


Full Text:

Unduh File

References


Bachri S. Bactiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-kanak Teknik Dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Depdiknas 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Hamalik, Oemar. 1986. Pengertian Media Gambar. [Online]. Tersedia: https://ian43.wordpress.com/tag/pengertian-media-gambar.html. [19 Desember 2014].

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Pengertian Media Gambar Pemanfaatan Data Proses Belajar Mengajar. [Online]. Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2011/05/pengertian-media-gambar.html. [ 6 Desember 2014]

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Yamin, Martinis & Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP Press.

Yudhistira, Dadang. 2013. Penelitian Tindakan Kelas .Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Zaman, Badru, dkk. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Uneversitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i1.2851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id