MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KENDARI

Hardia Safitri, Ratulangi Ratulangi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media kartu bergambar pada Kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B Taman Kanak- kanak Wulele Sanggula II Kendari yang berjumlah 13 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh ≥ 75%, kategori BSB atau BSH. Hasil penelitian, kemampuan kognitif anak pada siklus I yaitu tercapai 61,6%. Pada siklus II tercapai 84,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif pada anak dapat ditingkatkan melalui media kartu bergambar pada Kelompok B Taman Kanak- kanak Wulele Sanggula II Kendari tahun pelajaran 2015/2016.

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Media, Kartu Bergambar.


Full Text:

Unduh File

References


Anonim. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dinas Peningkatan Mutu Taman Kanak-kanak.

Depdiknas 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fridani, Lara dkk. 2009. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Press Group.

Peratuan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Suyadi. 2013. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i1.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id