Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan Menggunakan Bahan Alam

Ivoni Sandra, Harlin Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak melalui kegiatan melukis dengan menggunakan bahan alam di Kelompok B TK Jaya Makmur Kecamatan Binongko. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok B TK Jaya Makmur Kecamatan Binongko yang berjumlah 13 orang. Berdasarkan analisis data aktivitas mengajar guru pada siklus I tercapai 78,58%  sedangkan hasil aktivitas belajar anak didik pada siklus I tercapai 71,42%. Pada siklus II aktivitas mengajar guru mencapai 92,86%, dan aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan mencapai 92,86%. Hasil penelitian setelah tindakan menujukkan peningkatan anak pada siklus I sebesar 71,58% menuju siklus II sebesar 92,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa kemampian seni rupa anak  dapat ditingkatkan melalui kegiatan melukis dengan menggunakan bahan alam di Kelompok B TK Jaya Makmur Kecamatan Binongko.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Aprilia. (2014). Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Di Taman Kanak-kanak. Imajinasi: Jurnal Seni 8(1), 43-54.

Chiang, M., Syukri, M., & Halida. (2016). Peningkatan Kreativitas Melalui Pembelajaran Kolase Dengan Menggunakan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1-12.

Istialina. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Kelas IV SD Negeri 3 Jeumpa Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 59- 68.

Martinis. (2012). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Melukis Menggunakan Sikat Gigi Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4), 1-10.

Oktari, V. M. (2018). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-57.

Pamadhi, H. (2014). Seni Keterampilan Anak (1 ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Prasetyono. (2007). Membedah Psikologi Bermain Anak. Jogjakarta: Think

Sari, A. H. (2020). Studi Kasus Strategi Guru Dalam Kegiatan Menggambar Untuk Pengembangan Seni Rupa Anak. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 150-155.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Suparman. (2012). Variasi Pembelajaran Seni Rupa Untul Anak Usia Dini dalam Upaya Pendidikan Berkelanjutan. Wahana, 58(1), 89-99.

Supriyenti, A. (2013). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam Di PAUD Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 15-34.

Ulum, I. (2014). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 518-523.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v3i1.13691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id