Meningkatkan Kemampuan Mengenal Abjad Melalui Media Berbasis Audiovisual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal abjad melalui media berbasis audiovisual di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Kemaraya Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan analisis data pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebesar 75%. Sedangkan lembar observasi kegiatan pembelajaran anak sebesar 70%. Pada siklus II, presentase lembar aktivitas kegiatan mengajar guru meningkat menjadi 91,7% dan kegiatan pembelajaran anak sebesar 90%. Hasil penelitian setelah tindakan menujukkan peningkatan anak pada siklus I sebesar 66,67% menuju siklus II sebesar 93.3%. Jadi, bahwa kemampuan mengenal abjad pada anak di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Kemaraya Kendari dapat ditingkatkan melalui media berbasis audiovisual.
Full Text:
UNDUH FILEReferences
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274-279.
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2), 156-178.
Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual Anak Usia 5-6 Tahun Di TK PKK Bener Kecamatan Tegalrejo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 376-389.
Douglas, A. (2009). Buku Berita Terlengkap. Jakarta: Dian Rakyat.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdiknas.
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). eningkatan KemampuanMengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18.
Rasyid, H., Mansyur, & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Rivai, A., & Sudjana, N. (2007). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: C.V Sinar Baru.
Roziqoh, & Suparno (2014). Pendidikan Berperspektif Gender Pada Anak Usia Dinigender Perscpective Education To Early Chilhood. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 86-100.
Solikah, N. F., & Simatupang, N. D. (2016). Pengaruh Permainan Abjad Berbasis Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(1), 242-245.
Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas
Vortuna, D., Ratiyah, & Syafdaningsih. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Tumbuh Kembang, 5(2), 1-14.
Yung, K. (2011). 350 Profesional & Easy Steps Power Point. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085219103516
Email: goldenage@uho.ac.id