Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Eksperimen

Elis Martati, Muamal Gadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode eksperimen di kelompok B RA Wildaanuun Rabbaniyyun Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari yang berjumlah 15 orang anak terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian 64%. Siklus II persentase aktivitas mengajar guru pada siklus II diperoleh presentase ketercapaian 93%. Data aktivitas belajar anak pada siklus I persentase ketercapaian 57%. Siklus II persentase aktivitas belajar anak pada siklus II diperoleh presentase ketercapaian 86%. Hasil rekapan nilai anak siklus I yang tercapai sebesar 60% dari 9 anak yang mendapat nilai BSB dan BSH. Siklus II Mengalami peningkatan menjadi 86,67% dari 13 anak yang mendapat nilai BSB dan BSH.


Full Text:

Unduh File

References


Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curricula, 1(3), 1–11.

Hamid, S. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: DIVA Press.

Hanafi, S. H., & Sujarwo. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas Di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 215 -225.

Iru, L. & Arihi, S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kartika, I., G., Wiarta, I., W., & Putra, M. (2016). Penerapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Tk Dwi Rahayu Kumara Denpasar. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-10.

Matin, L., Palupi, W., & Pudyaningtyas, A., R. (2016). Drawing Activity Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A Tk An-Nur Semanggi Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kumara Cendekia, 6(3), 1-6.

Nasution, N., K. (2017). Penerapan Kreativitas Melalui Eksprimen Dan Musik Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Syamil: Jurnla Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education, 5(2), 209-223.

Nirwana, N., Widyaningsih, O., & Sapaile, N. (2019). Pelatihan Kreativitas Clay Bagi Guru Paud Kecamatan Tambora Jakarta Pusat. Sarwahita, 15(1), 13–21.

Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 2(3), 65-73.

Poerwati, C., E., Dantes, N., & Dantes, G., R. (2014). Meningkatkan Kreativitas Dan Keterampilan Motorik Melalui Pengenalan Sains Berbasis Eksperimensederhana Pada Anak Tk Tunas Mekar II Dalung. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4. 1-10.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal RAUDHAH, 5(2).

Sartika, L., Kurniah, N., & Delrefi, D. (2018). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting Pada Anak Usia Dini Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 43-48.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v3i1.13644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id