Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lompat Tali

Erna Yanti, Bambang Sugianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Lompat Tali di Kelompok B TK Kota Mulia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari, yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian 78,57%. Siklus II persentase aktivitas mengajar guru pada siklus II diperoleh presentase ketercapaian 92,85%. Data aktivitas belajar anak pada siklus I persentase ketercapaian 64,29%. Siklus II persentase aktivitas belajar anak pada siklus II diperoleh presentase ketercapaian 85,71%. Hasil rekapan nilai anak siklus I yang tercapai sebesar 75% dari 9 anak yang mendapat nilai BSB dan BSH. Siklus II Mengalami peningkatan menjadi 91,7% dari 1anak yang mendapat nilai BSB dan BSH.


Full Text:

Unduh File

References


Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogyakarta: Javalitera.

Anggraeni, M. A., Karyanto, Y., & Khairati, W. (2018). Pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Journal Of Early Childhood Care And Education, 1(1), 18-25.

Aisyah, S. (2011). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Febriani, F. (2015). Upaya Meningkatkan Pengembangan Motorik Kasar (Melompat) Anak Melalui Permainan Lompat Tali Pada Kelompok B Tk Al-Hidayah Palaosan Tahun Pelajaran 2015-2016. Prosiding dari Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, 35-40.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Divapress.

Hasanah. N. U., Jaya M. T., & Surahman, M. (2018). Bermain Lompat Tali Dan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-9.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik permainan Tradisional. Diva Press :Yogyakarta.

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar (keseimbangan tubuh) anak melalui permainan tradisional engklek di kelompok B Tunas Rimba II tahun ajaran 2014/2015. Paudia: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 18- 39.

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2020). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 482-490.

Sari, I., P. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Lompat Tali pada Kelompok A di Tk Aba Ngabean 1 Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Guru PAUD SI. 5(4), 1-9.

Saripudin, A. (2016). Peran Keluarga Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1).

Sujiono, Y., S. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v3i1.13643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id