MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PENDEK PADA PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 1 LAPANDEWA

Isna Isna, abdul Saman, Suhartiwi Suhartiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis pendek pada permainan bulutangkis dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Lapandewa terdiri dari 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yakni dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dengan tes kognitif, afektif dan psikomotor. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik persentasi dimana pada siklus I tingkat ketuntasan aktifitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran baru mencapai 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, untuk data ketuntasan belajar siswa 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%, hal ini telah melebihi standar yang didasarkan kriteria ketuntasan minimal yakni 75%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I baru mencapai 59,25% meningkat pada siklus II menjadi 92,59% atau telah mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah yakni 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar servis pendek pada permainan bulutangkis dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Lapandewa.

 


Keywords


Hasil Belajar; Metode Drill; Sevis Pendek Bulutangkis

Full Text:

PDF

References


Icuk Sugiarto. (2002). Total Badminton. Solo: CV Setyaki Eka Anugrah.

James Poole. (1986). Belajar Bulutangkis. Bandung: Pioner Jaya.

Kristiandaru. 2011. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 05(02), 313-320.

Suyatno. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Setelah Diterapkannya Metode Pembelajaran Drill dan Bermain. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fair Play Journal : Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi



Fair Play Journal Indexed By: 

  Smiley face  Smiley face Smiley face 

 

Creative Common Liceense :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Penerbit:

Jurusan Penjaskesrek FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp/ WA : 081342814771, e-mail office: fairplay@uho.ac.id