EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM KARTU PELAKU USAHA KELAUTAN DAN PERIKANAN (KUSUKA) PADA DINAS PERIKANAN KOTA KENDARI

Muh. Amir, Asriani Asriani, Muhamad Adin

Abstract


This study is aimed at knowing the effectiveness of card programs KUSUKA at the Kendari City Fisheries Service Office this research is a qualitative, by using aqualitative descriptive research method. Data collection techniques and documentary studies. Analysed using Miles and Huberman’s method. The effectiveness of the Kusuka Card Program Service at the Kendari City Fisheries Office views of the five research indicators are well. Where, from the aspect of understanding the program is seen that The percentage of the Kusuka Card Program understanding by the Fisheries Service employees can be said to be very good. Similarly, the goal of the accuracy of the target, where the processing of data candidates of the Kusuka Cardiac data is carried out through a strict and integrated process with ministry data so that the channel of the Kusuka Card program can reach the parties who are truly a qualified fishery business personnel. But even so, there is still an indication of human error in the registry process that some societies are listed as fishermen but have actually switched other professions. According to the punctuality of the time, it is evident that although there is no clear rule of service time, the card service process I like is fast-tracked to be completed in less than 24 hours as long as the registry data is valid in the ministry.  In addition, in terms of exposure to the objectives and the existence of real changes, it is seen that the perpetrators of the fishery business that has had the Kusuka Card has benefited in the form of the process of insurance claims and the help of fishery infrastructure facilities.


Keywords


Effectiveness of Service, Marine And Fisheries Business Card

Full Text:

PDF

References


Sumber Buku

Badan Pusat Statistik. (2021). Kota Kendari dalam Angka 2021, Kendari: BPS.

Badan Pusat Statistik. (2020). Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Sulawesi Tenggara Menurut Lapangan Usaha, Kendari: BPS.

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020, Jakarta: BPS.

Maulidiah, Sri. (2014). Pelayanan Publik-Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN), Bandung: CV. Indra Prahasta.

Nurdin, Ismail. (2019). Kualitas Pelayanan Publik, Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Rianto, Puji. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Komunikasi UII.

Salim, Zamroni. (2016). Standarisasi Produk Perikanan dan Olahannya dalam Penguatan Pasar Ekspor, Jakarta: LIPI Press.

Sellang, Kamaruddin. (2016). Administrasi dan Pelayanan Publik, Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Wibawa, Arif, et.al. (2020). Kajian Fiskal Regional Provinsi Sulawesi Tenggara 2019, Kendari: Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sumber Jurnal

Amalo, Christo Vorando. (2019). Soda Molek: Efektivitas Pelayanan Publik di Kelurahan Naikoten II Kec. Kota Raja Kota Kupang, diakses dari https://jurnalinovkebijakan.com/index.php/JIK/article/view/39, pada tanggal 9 Februari 2021 pukul 09.20 WITA.

Arif, Muhammad Andy. (2018). Efektivitas Pelayanan Publik dalam Penerapan Sistem Penerbitan Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) di Kantir Imigrasi Kelas I Polonia Medan, diakses dari http://jurnal.dharma wangsa.ac.id/index.php/jupublik/article/view/405, pada tanggal 11 Februari 2021 pukul 23.00 WITA.

Asti, Firda Anggraini, Normajatun, dan Sugiannor. (2020). Efektivitas Pelayanan Publik pada Sistem Pelayanan Terpadu di Kantor Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut, diakses dari http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2577/, pada tanggal 12 Februari 2021 pukul 11.00 WITA.

Dahlan, Nurul Khasanah, Farida Patitting, dan Kahar Lahae. (2020). Kesadaran Hukum Masyarakat dalam Implementasi Kebijakan Asuransi Nelayan di Kab. Bulukumba, diakses dari http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ syariah/article/view/10072, pada tanggal 13 Februari 2021 pukul 23.30 WITA.

Daniarsyah, Dida. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Program Kartu Kusuka pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, diakses dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JIPAGS/article/view/7552, pada tanggal 14 Februari 2021 pukul 15.00 WITA.

Jumarianto. (2016). Efektivitas Pelayanan Publik Berdasarkan UU No. 24/2013 (Studi Penelitian pada Kantor Kec. Barambi, Kab. Barito Kuala), diakses dari http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/LG/article/view/2863, pada tanggal 5 Februari 2021 pukul 10.00 WITA.

Lopes, Rizali. (2013). Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kendahe Kab. Sangihe, diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/ article/view/1503, pada tanggal 5 Februari 2021 pukul 19.20 WITA.

Muhammad Elwan, L. O., Rahman, R., & Fitri Cahyani, E. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM PENANGGULANGGAN PRAVELANSI STUNTING ANAK BALITA PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN KONAWE. Journal Publicuho, 5(2). https://doi.org/10.35817/jpu.v5i2.25130

Monoarfa, Heryanto. (2012). Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik, diakses dari http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JPI/ article/view/891, pada tanggal 7 Februari 2021 pukul 21.30 WITA.

Nasriyah, Pigoselpi Anas. (2018). Identifikasi Potensi dan Analisis Masalaha Sumber Daya Perikanan di Kec. Nambo Kota Kendari Prov. Sulawesi Tenggara, diakses dari https://www.neliti.com/id/publications/283157/id entifikasi-potensi-dan-analisis-masalah-sumber-daya-perikanan-di-kecamatan-nam, pada tanggal 13 Februari 2021 pukul 10.30 WITA.

Pathony, Tony, Kusman Yuhana, dan Iwan Henri Kusnadi. (2020). Efektivitas Program Pemberdayaan Nelayanan pada Dinas Perikanan Kab. Subang (Studi Kasus di Kec. Blanakan), diakses dari https://www.google.com /url?q=https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/bisnis/article/download/914/777&sa=U&ved=2ahUKEwi6zc-6__LuAhVFgOYKHf07A8cQFjAAegQI ABAB&usg=AOvVaw3bn0sBRWJfrYBwUM-bVj04, pada tanggal 9 Februari 2021 pukul 22.30 WITA.

Ratumakin, P. Adrianus K. L., dan Hendrikus L. Kaha. (2020). Pengakuan Formal dan Pemenuhan Hak Nelayan (Evaluasi Pelaksanaan Kartu Nelayan di Kota Kupang), diakses dari https://journal.unwira.ac.id/index.php/JAP/ article/view/425, pada tanggal 14 Februari 2021 pukul 22.30 WITA.

Razak, Arman. (2016). Efektivitas Pelayanan di Balai Diklat Keagamaan Manado, diakses dari https://adoc.pub/efektifitas-pelayanan-di-balai-diklat-keagama an-manado-oleh-.html, pada tanggal 8 Februari 2021 pukul 14.00 WITA.

Rinaldi, Rudi. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara), diakses dari https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/945, pada tanggal 13 Februari 2021 pukul 19.00 WITA.

Saputra, Munir dan A. H. Rahadian. (2018). Analisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kec. Cimanggis, Kota Depok, diakses dari https://www.google.com/url?q=https://ojs.stiami.ac.id/ index.php/reformasi/article/download/275/165&sa=U&ved=2ahUKEwjM7sXl__LuAhXFc30KHQYAAoAQFjAAegQIABAB&usg=AOvVaw0M5TIQnPRlZ9OpS8TcBj2b, pada tanggal 10 Februari 2021 pukul 16.30 WITA.

Susantri, Ani Eka, Dasman Lanin dan Nora Eka Putri. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Pelayanan Publik Plus di Kecamatan Kuranji Kota Padang, diakses dari http://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS/article/do wnload/52/34/, pada tanggal 29 Agustus 2021, pukul 15:17 WITA.

Wulandari, Herlina, Afifuddin dan Suyeno. (2020). Efektivitas Inovasi Program Pelayanan Publik Berbasis E-Government, diakses dari http://riset.unisma .ac.id/index.php/rpp/article/view/7926, pada tanggal 11 Februari 2021 pukul 17.00 WITA.

Sumber Perundang-Undangan

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 39/PERMEN-KP/2017 tentang Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan.

Peraturan Daerah Kota Kendari No. 10 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Kendari.

Peraturan Walikota Kendari No. 2 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perikanan Kota Kendari.

Sumber Website

Antaranews.com. (2020). Pemkot Kendari Salurkan Bantuan Tunai 1.355 Nelayan terdampak Covid-19, diakses dari https://www.antaranews.com/ berita/1561396/pemkot-kendari-salurkan-bantuan-tunai-1355-nelayan-terdampak-covid-19, pada tanggal 4 September 2021 pukul 12.38 WITA.

Diskominfo. (2021). Walikota Kendari Serahkann Bantuan Budidaua Perikanan dan Kusuka di Anawai, diakses dari https://www.kendarikota.go.id/berita /walikota-kendari-serahkan-bantuan-budidaya-perikanan-dan-kusuka-di-anawai/, pada tanggal 20 Agustus 2021 pukul 09.00 WITA.

DKP Kota Kendari. (2019). DKP Kota Gandeng HNSI Sosialisasikan Kartu Kusuka dan Asuransi Nelayan, diakses dari http://dkp-kendari.info/ berita/dkp-kota-gandeng-hnsi-sosialisasikan-kartu-kusuka-dan-asuransi-nelayan, pada tanggal 25 Februari 2021, pukul 19:51 WITA.

DKP Kota Kendari. (2020). Dinas Perikanan Melakukan Sosialisasi Program Kegiatan Kepada Masyarakat Pesisir, diakses dari http://dkp-kendari .info/berita/dinas-perikanan-melakukan-sosialisasi-program-kegiatan-kepada-masyarakat-pesisir?gvas=red, pada tanggal 25 Februari 2021, pukul 19:00 WITA.

Kendarinews. (2021). Sekira 4000 Nelayan di Kota Kendari memiliki Kartu Kusuka, diakses dari https://kendarinews.com/sekira-4-000-nelayan-di kendari-memiliki-kartu-kusuka/, pada tanggal 27 agustus 2021 pukul 12.30 WITA

MK., Sultan. (2020). Enggan Daftar Kartu Kusuka, Pelaku Usaha Perikanan di Kendari "Kering" Bantuan Pusat, diakses dari https://metro.mediakendari. com/enggan-daftar-kartu-kusuka-pelaku-usaha-perikanan-di-kendari-kering-bantu an-pusat/86256/, pada tanggal 15 Februari 2021 pukul 22.00 WITA.

Putra, Germawan Dwi. (2019). Problematika Nelayan Indonesia, diakses dari http://indonesiabaik.id/infografis/problematika-nelayan-indonesia, pada tanggal 15 Februari 2021 pukul 04.00 WITA.

Soleh, Kaharuddin. (2018). Gambaran Potensi, Produksi, dan Pemasaran Produk Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Tenggara, diakses dari https://kkp.go.id/djpdspkp/bbp2hp/artikel/4173-gambaran-potensi-produksi-dan-pemasaran-produk-perikanan-dan-kelautan-provinsi-sulawesi-tenggara, pada tanggal 15 Februari 2021 pukul 11.30 WITA.

Sultranesia.id. (2021). 1.178 Nelayan Dapat Bantuan dari Pemkot Kendari, diakses dari https://www.sultranesia.id/9986/1-178-nelayan-dapat-bantuan -dari-pemkot-kendari/, pada tanggal 4 September 2021 pukul 12.25 WITA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muh. Amir, Asriani Asriani, Muhamad Adin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================JPU=================================

JOURNAL PUBLICUHO  has been covered by the following indexes:


              

===============================================================

 

Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Jurusan Ilmu Administrasi Publik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: (0401) 3190105 | Close on Sunday and public holidays in Indonesia
Contact E-Mail: muh.elwan@uho.ac.id / 085397364343
Website: https://www.uho.ac.id/


Creative Commons License
Journal Publicuho is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter Journal Publicuho