RELASI GENDER DALAM PENGOLAHAN SUMBER DAYA PESISIR (Studi Pada Perikanan Tangkap di Desa Mattiro Walie Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana)

Jasmiruddin Sulsalman Moita, dan Dewi Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertrujuan untuk mengetahui relasi gender dalam pengolahan sumber daya pesisir pada perikanan tangkap di Desa Mattirowalie Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Informan dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. 10 informan nelayan, 10 informan istri nelayan, dan kepala Desa Mattirowalie. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Pada proses penelitian kualitatif, peneliti merupakan instrumen kunci. Interaksi yang terjadi antara peneliti dan narasumber diharapkan mampu menngungkap permasalahan sampai tuntas, metode pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa relasi gender dalam pengolahan sumber daya pesisir pada perikanan tangkap di Desa Mattirowalie merupakan salah satu kerja sama yang sangat baik dalam pengelolahannya seperti seorang suamiĀ  melakukan penangkapan ikan di laut, membuat pukat, membuat serong, membuat rumpon sedangkan istri memiliki pekerjaan menyulam jaring, mengeringkan ikan, memisahkan ikan dari jaring atau pukat, dan menjual ikan namun suami yang beraktifitas sebagai sektor nelayan tangkap (melaut) pada saat suami datang maka istri yang akan membantu suaminya dalam pengolahan perikanan tersebut seperti pembongkaran ikan hasil tangkap sampai proses pemasarannya. Peran perempuan pesisir perikanan tangkap dalam menjalani hubungan atau relasi dalam pengolahan perikanan tangkap tersebut demi untuk meningkatkan kesejahteraan dalam keluarganya.

Kata Kunci: Relasi gender, pengelolaan, dan sumber daya pesisir.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Neo Societal



Principal Contact:

Rety Reka Merlins, S.Sos., M.A

E-mail: retyrekamerlins@gmail.com

Phone Number: 082349935865

Editorial Office:

Laboratory of Sociology, Faculty of Social and Political Sciences, Halu Oleo University

Building 2nd Floor, Green Campus, H.E.A. Mokodompit Street, Kendari City, Postal Code: 93232

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License