Menelaah Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Layanan Informasi Pemerintah Kota Probolinggo Melalui Media Sosial

Supriyanto Supriyanto, Nurul Jannah Lailatul Fitria

Abstract


Layanan informasi penting dalam kehidupan masyarakat. Strategi pemerintah Kota Probolinggo dalam layanan informasi publik dengan menggunakan media sosial sebagai keterbukaan informasi publik dan penerapan inovasi layanan informasi publik. Peneliti ingin mengetahui persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan penggunaan media sosial oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Metode yang diterapkan dalam riset  dengan penelitian kuantitatif disertai pendekatan deskriptif. Riset bertujuan mengidentifikasi layanan informasi publik melalui medsos oleh Pemkot Probolinggo dengan teori Technology Acceptance Model (TAM). Hipotesis riset adalah persepsi kemudahan dan kemanfaatan memberikan pengaruh positif dan signifikan pada pemanfaatan medsos oleh Pemerintah di Kota Probolinggo. 100 orang  yang mengikuti akun media sosial Pemerintah Kota Probolinggo dipilih sebagai sampel riset. Data primer riset dikumpulkan dengan teknik kuesioner yang dijawab oleh responden. Analisis data dilakukan dengan memanfaatkan program SPSS. Hasil riset mengindikasikan bahwa Persepsi kemudahan dan kemanfaatan memberikan pengaruh positif dan signifikan pada media sosial oleh Pemerintah Kota Probolinggo dalam layanan informasi publik.

Kata kunci : Layanan Informasi Digital, Media Sosial, TAM


Full Text:

PDF

References


Akhmaddhian, S. (2018). Asas-Asas dalam Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik untuk Mewujudkan Good Governace. Logika : Journal of Multidisciplinary Studies, 09(1), 30–38.

Hanafi, H. (2013). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Pesepsi Kemudahan Website UB Terhadap Sikap Pengguna Dengan Pendekatan TAM (Survei Pada Anggota Website www.ub.ac.id Mahasiswa FIA Bisnis dan Publik TA 2011-2012 Univesirtas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok : Rajawali Pers.

Kuswanto, T. Y. L., & Baridwan, Z. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Transaksi Online. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 4(2), 1–29.

Nuraeni, S. (2020). Penerapan Etika Administrasi Publik Sebagai Upaya Dalam Mewujudkan Good Governance. JIMIA:Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 14(1), 1–9.

Prabowo, A., & Arofah, K. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Sosialisasi Kebijakan Penyiaran Digital. Jurnal ASPIKOM, 3(2), 256–269.

Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom.

Rakhmad, A., Astuti, E. S., & Susilo, H. (2013). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Penggunaan Sistem Kkn Online Dengan Pendekatan TAM. Journal Administrasi Bisnis, 3(1), 53–58. https://doi.org/10.36085/jtis.v2i2.313

Rosdiana. (2019). Peranan Pemerintah Dalam Sistem Administrasi Negara : Dalam Konsep Pemerintahan Politik Dan Pemerintahan Administratif. Meraja Journal, 2(2), 109–117. https://merajajournal.com/index.php/mrj/article/view/52

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6. Salemba Empat.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukri, J., Idris, M., & Burhanuddin. (2017). Penerapan Etika Administrasi Negara Dalam Pelayanan Kenaikan Pangkat Di Kantor Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 112–127. https://doi.org/10.26618/kjap.v3i1.897

Sunarwan, B. (2015). Aktivitas Komunikasi dan Media Sosial (Survei Pola Komunikasi Masyarakat DKI Jakarta Melalui Social Network Sites). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 19(1), 93–106. http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_social_networking_websites

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i2.201

Wigati, E., & Suryaningrum, S. E. (2018). Peranan Public Relations Dalam Menjaga Hubungan Dengan Media Untuk Memperkuat Citra Positif Di Alila Hotel Solo. Hotelier Journal Politeknik Indonusa Surakarta, 4(2), 23–30.

Yuniningsih, T. (2017). Etika Administrasi Publik. Program Studi Doktor Administrasi Publik FISIP Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.52423/neores.v3i2.24608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan

____________________________________________________________

Editorial Office

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo 

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Phone number: 082251053573

About license:

Creative Commons License

NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoRespublica