Penerapan Fungsi Manajemen Pemerintahan dalam Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi

Asmal Randi Anda, Muh Najib Hussain, Jopang Jopang

Abstract


This study aims to analyse and describe the application of government management functions in realizing quality public services in the Civil Registry Service Office of Wakatobi Regency. Using the type of qualitative research that intends to understand the phenomena about what is experienced by research subjects such as behaviour, perception, motivation, and action. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results of the study can be described that the application of management functions in public service in the the Civil Registry Service Office of Wakatobi Regency is good in the planning function, organizing function, implementation function, supervisory function, as well as the quality of public services consisting of tangible aspects, reliability, responsiveness, assurance, empathy are also good but still have limitations on tangible aspects.

Keywords : Management, Public Services, Implementation, Government


Full Text:

PDF

References


Arif dan Zulkarnain. (2008). Dasar-Dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jurnal SAINTIKOM Vol. 5, No. 2 Agustus 2008

Arikunto, Suharismi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Christiawan, Yulius Jogi. (2002). Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kelangsungan Usaha Kantor Akuntan Publik (KAP) di Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.4 No. 2.

Gibson, et al. (1989). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses.

Diterjemahkan oleh Ninuk Adriani. Jakarta: Binarupa Aksara.

Gripin, R. W. (2006) Busines, Jakarta Penerbit Erlanga.

Hardyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Public, (Konsep, Dimensi, Indicator Dan Implementasinya). Yogyakarta: Gva Media.

H Rachmat. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Pemerintahan, Bandung, Pustaka Setia

Ibrahim, Akhmadrandy. (2016). Analisis Implementasi Manajemen Kualitas Dari Kinerja Operasional Pada Industri Ekstraktif Di Sulawesi Utara (Studi Komparasi Pada Pertanian, Perikanan, dan Peternakan).Jurnal EMBA Vol.4 No.2 Juni 2016, Hal. 859-869.

Istianto Bambang. (2011). Manajemen Pemerintah Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Koontz, Harold. Cyril, O’Donnell. & Heinz, Weihrich. (2011). Manajemen. Jakarta:Erlangga.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J.(2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murti, B. (2006). Desain dan Ukuran Samapel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Natzir, Moch. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ndraha, Taliziduhu. (1999). Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ndraha, Taliziduhu. (2011). Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru) Jakarta: Rineka Cipta

Ndraha, Taliziduhu. (2000). Ilmu Pemerintahan (Kybernology), Jakarta: Rineka Cipta.

Patton, Michael Quinn. (1987). Triangulasi. Dalam Moleong (Ed.), Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi(hlm. 330-331). Cetakan ke-29. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Putri. (2018). Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan, Skripsi, Universitas Halu Oleo

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Diakses pada 10 Agustus 2019, dari Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/172/t/undangundang+nomor+14+tahun++2008+tanggal+30+april+2008

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Diakses pada 11 Agustus 2019, dari Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Badan Standardisasi Nasional, https://jdih.bsn.go.id/produk/detail/?id=17&jns=2

Rahmat H. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Pemerintahan, Bandung: Penerbit Pt Pustaka Setis.

Saefullah. (2008). Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Spradley dan Faisal. (1990). Format-format Penelitian Sosial. PT Rajawali Press. Jakarta.

Sukandarumidi. (2006). Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Pemula, Yogyakarta: Gaja Mada Univercity Press

Sofyan Agus. (2017). Kinerja Pelayanan Kependudukan Pada Dinas kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat, Skripsi

Terry, George R. (2013). Prinsip Prinsip Manajemen, Bandung: Bumi Aksara.

Thoha, Miftah. (2008). Perilaku Organisasi Konsep, Dasar, dan Aplikasinya, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, Fandy. (2002). Prisip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ulber Silalahi. (2009). Metode Penelitian Sosial, Bandung, PT. Rafika Aditama

Winardi. (2000). Teori Organisasi Dan Pengorganisasian, Jakarta: Rajawali Pers.

Wilson. (2015). Sumberdaya Mansuia, Jakarta: Erlang

Yin, Robert K. (2003).Studi Kasus: Desain & Metode, M.Djauzi Mudjakir (penerjemah), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Wawancara

R. Abdul Rahim. (2019). Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi, 10 Agustus 2019.

Kamil, Muhammad.(2019). Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi 25 Agustus 2019.

Jayadin. (2019). Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi 18 Agustus 2019).

Nurbaya, Siti. (2019). Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi 15 Agustus 2019.

Kalsum. (2019). Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi, 15 Agustus 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Editorial Office

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo 

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Phone number: 081325915506

About license:

Creative Commons License

NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoRespublica