ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS BLACK SPOT JALAN BY PASS KOTA KENDARI

Jimin Jimin, Try Sugiyarto Soeparyanto, Laode Muhammad Nurrakhmad

Abstract


Ruas jalur By Pass kota kendari merupakan jalan arteri primer yang menghubungkan antar Kota. Sebagai jalan utama ruas jalur ini memiliki arti penting sehingga banyak kendaraan melintasi ruas jalur ini, menyebabkan beban lalu lintas menjadi menumpuk dari bermacam-macam tipe kendaraan dan berujung pada keselamatan lalu lintas. Arus lalau lintas yang padat dan kondisi jalan yang kurang memadai mengakibatkan ketidaknyamanan pengguna jalan yang berakibat kemacetan dan kecelakaan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: pertama, faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling tinggi adalah faktor pengemudi (45%), yang kedua faktor lingkungan dan jalan (33%), dan yang ketiga faktor kendaraan (22%). Kondisi ruas jalan yang kurang baik juga mempengaruhi tingkat jumlah kecelakaan lalu lintas pada daerah rawan kecelakaan seperti permukaan jalan yang rusak, rambu-rambu yang tidak berfungsi, tidak adanya penerangan jalan dan perilaku pengguna kendaraan yang masih sering melanggar peraturan yang ada.

Kata Kunci :  Tingkat Kecelakaan, Black Spot, Jalan By Pass Kota Kendari


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi D3 Teknik Sipil

Program Pendidikan VOKASI - Universitas Halu Oleo

Jl. H.E.A Mokodompit, Lt.1 Gedung Fakultas Teknik Kampus Hijau Bumi Tridarma Andounohu Kendari, Sulawesi Tenggara, Kode Pos: 93232 No Telepon: (0401) 3198228;No HP: 08114097029 (Pimpinan Redaksi) Email: vokasi.sipil@uho.ac.id