ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN POROS KENDARI - ANDOOLO, KECAMATAN LAEYA, KABUPATEN KONAWE SELATAN

Muhammad Zukriyansyah Sipa, Rudi Balaka, La Welendo

Abstract


Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Poros Kendari - Andoolo, Kecamatan Laeya”. Dibimbing oleh Rudi Balaka ST., MT selaku pembimbing I dan La Welendo ST., MT selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab utama kecelakaan, karakteristik kecelakaan, dan wilayah rawan kecelakaan (Black Area) di ruas jalan poros Kendari - Andoolo, Kecamatan Laeya dengan menggunakan grafik distribusi untuk perentase karakteristik kecelakaan dan metode pembobotan untuk mengetahui wilayah rawan kecelakaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecelakaan yang terjadi di jalan poros Kendari - Andoolo terjadi dari bebrapa  karakteristik kecelakaan, yaitu jenis kecelakaan, jumlah korban kecelakaan, dan lokasi kecelakaan yang terjadi. Hasil analisa dengan menggunakan metode pembobotan menunjukan wilayah yang merupakan wilayah rawan kecelakaan yaitu, di Desa Anduna dengan presentase kecelakaan sebesar 26,36%, Desa Lerepako dengan persentase kecelakaan 23,18%, Desa Torobulu dengan persentase kecelakaan 15,00%, dan Desa Punggaluku dengan persentase kecelakaan sebesar 11,36%.

Kata kunci : Kecelakaan, Lalu Lintas, Black Area


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi D3 Teknik Sipil

Program Pendidikan VOKASI - Universitas Halu Oleo

Jl. H.E.A Mokodompit, Lt.1 Gedung Fakultas Teknik Kampus Hijau Bumi Tridarma Andounohu Kendari, Sulawesi Tenggara, Kode Pos: 93232 No Telepon: (0401) 3198228;No HP: 08114097029 (Pimpinan Redaksi) Email: vokasi.sipil@uho.ac.id