PENGUJIAN MATERIAL TANAH GUNUNG DESA LASOSO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN TIMBUNAN PILIHAN PADA PERKERASAN JALAN

Afiryandi Alwi, Nasrul n, Laode Muhammad Nurrakhmad

Abstract


urugan, tanggul sungai, dan timbunan jalan raya, kesemuanya menggunakan tanah yang ekonomis sebagai bahan konstruksi, sama halnya dengan konstruksi lainnya, tanah harus di pakai setelah melalui proses pengendalian mutu/pengujian.

Tanah memiliki karakteristik berbeda-beda di setiap daerah yang dipengaruhi beberapa faktor seperti lingkungan sekitar, jenis tanah, kondisi alam, dan lain-lainya. Untuk itu diperlukan penelitian/pengujian untuk mengetahui karakteristik dari masing-masing tanah tersebut, oleh karna itu diadakan penelitian tentang Tanah Gunung Desa Lasoso Sebagai Alternatif Bahan Timbunan Pilihan Pada Perkerasan Jalan, penelitian ini di lakukan antara lain untuk mengetahui mutu Tanah Gunung Desa Lasoso bila digunakan Sebagai bahan timbunan pilihan pada perkerasan jalan dengan mengacu pada spesifikasi yang berlaku.

Berdasarkan hasil penelitian di laboratorium didapat hasil-hasil antara lain Nilai CBR = 43,00%, Nilai IP = 2,23%, Nilai LL = 20,090%, Nilai PL = 17,23%,

Kadar Air Optimum = 5,80%, Kepadatan Kering Maksimum 2,179 gr/cm3,, Berat Jenis = 2,37, Kadar Lumpur = 10,53%, Jenis tanah SW-SC (dalam sistem klasifikasi USCS) dan A-2-4 (dalam sistem klasifikasi AASHTO). Hasil pengujian Tersebut menunjukan bahwa Tanah Gunung Desa Lasoso memenuhi spesifikasi sebagai bahan timbunan biasa dan timbunan pilihan.

 

Kata Kunci : Tanah gunung, Urugan pilihan, Perkerasan Jalan


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi D3 Teknik Sipil

Program Pendidikan VOKASI - Universitas Halu Oleo

Jl. H.E.A Mokodompit, Lt.1 Gedung Fakultas Teknik Kampus Hijau Bumi Tridarma Andounohu Kendari, Sulawesi Tenggara, Kode Pos: 93232 No Telepon: (0401) 3198228;No HP: 08114097029 (Pimpinan Redaksi) Email: vokasi.sipil@uho.ac.id