STRATEGI KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN SIRKULASI (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara)

Paulina Palin , Marsia Sumule G, Asrul Jaya

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pustakawan dalam meningkatkan layanan sirkulasi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pustakawan dalam meningkatkan layanan sirkulasi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lokasi penelitian dilaksanakan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Teori yang digunakan adalah teori Harold D. Laswell dari Onong Uchyana Efendy. Dalam penelitian ini jumlah informan sebanyak 6 orang yang mewakili pustakawan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan layanan sirkulasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan strategi komunikasi dengan perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen (management communication) yaitu melalui kegiatan promosi, sinergitas atau kerjasama dengan instansi terkait dan komunitas serta peningkatan koneksitas layanan sirkulasi.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan sumbangan ilmu pengetahuan bagi pustakawan khususnya pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara, serta diharapkan memberikan manfaat dalam perkembangan ilmu komunikasi khususnya pada penelitian strategi kominikasi pustakawan dalam meningkatkan layanan sirkulasi.

 

 

kata kunci : Strategi Komunikasi, Pustakawan, Layanan Sirkulasi

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





About license:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. 

Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232

WA : 087843836544Email : feralawata@gmail.com