PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN SIRKULASI DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Wamira Wamira

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan di Badan Perpstakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Pemustaka terhadap Kualitas Layanan Sirkulasi di Badan Perpustakaan dan  Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Penelitian ini di Lakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara .Penentuan informan di lakukan secara purposive sampling sebanyak 30 orang yaitu Kepala Sub Bagian Umum 1 orang,Petugas Layanan Sirkulasi 1 orang,Pemustaka 28 orang.Adapun teknik pengumpulan data yaitu dangan cara observasi ,wawancara,dokumentasi.Jenis data yang digunakan adalah kualitatif.Adapun alat analisis yang digunakan adalah kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan yang diterapkan di Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan undang-undang NO.43 Tahun 2007 tentang standar pelayanan perpustakaan umum yaitu pelayanan prima yang didalamnya dimuat pelayanan secara terarah ,terpadu,dan akurat.Layanan perpustakaan yang ada di Perpustakaan kareana itu pelayanan perlu ditingkatakan lagi sehingga pengunjung lebih nyaman mengunjungi perpustkaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara sudah menggunakan layanan yang terotomasi serta sistem layanan sirkulasi adalah sistem terbuka dimana pemustaka bebas mencari bahan pustaka sendiri sesuai yang diinginkan atau dibutuhkan pemustaka khususnya dalam bidang sikap pustakawan terhadap pemustak sudah cukup baik dan disenangi oleh para pengunjung dalam hal ni masyarakat umum, karena sikap raamah dan cepat tanggap dalam menanggapi kebutuhan pengunjung serta metode pelayanan yang dierikan sudah cukup baik tetapi masih ada yang empunyai persepsi negatif karena pelayan pegawai belum mengoptimalkan waktu yang ada untuk melayani pemustaka.

Dalam segi ketersedian koleksi terutama buku sudah cukup baik dan sudah optimal, walaupun begitumasih ada informan yang memberikan kesan negatif karena pertanyaan kurang akurat serta laporan-laporan yang sudah lama sehigga pegawai tidak memperhatikannya. Begitupula dengan kemudahan akses informasi masih banyak informan yang berpendapat bahwa masih perlu ditingkatkan lagi sehingga pengunjung tidak merasa terbebani terhadap layanan yang disediakan. Oleh karena itu pelayanan perlu ditingkatkan lagi sehingga pengunjung lebih nyaman mengunjungi perpustakaan.

 

Kata kunci : persepsi, pemustaka, sirkulasi, Badan Perpustakaan Arsip Daerah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





About license:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. 

Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232

WA : 087843836544Email : feralawata@gmail.com