PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN ANALISIS LIBQUAL+TM DI PERPSUTAKAAN UNIVERSITAS HALU OLEO

Sirdawati Sirdawati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Halu Oleo berdasarkan analisis LibQual+TM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan berdasarkan metode LibQual+TM di Perpustakaan Universitas Halu Oleo. Metode LibQual+TM digunakan untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Access (akses informasi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner.  Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka yang terdaftar menjadi anggota di Perpustakaan Universitas Halu Oleo dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling sebanyak 35 responden. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Adequacy Gap/kecukupan layanan positif 0.82 namun memiliki nilai Superiority Gap/keunggulan layanan negative -0.39 yang berarti belum memenuhi harapan maximum pemustaka. Dengan demikian persepsi pemustaka berada apada zona of tolerance/zona toleransi, sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Halu Oleo yang dirasakan pemustaka sudah tergolong baik artinya bahwa pemustaka sudah cukup puas dengan layanan yang diberikan di Perustakaan Univeristas Halu Oleo.

 

Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Layanan, LibQual+TM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





About license:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. 

Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232

WA : 087843836544Email : feralawata@gmail.com