PEMBELAJARAN CALISTUNG MELALUI PENDEKATAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS 1 SDN 14 MANDONGA

Rismiatin Rismiatin, Barlian Barlian, Darnaawati Darnaawati

Abstract


AbstraK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan sistem pembelajaran tematik terpadu pada pembelajaran calistung siswa Sekolah Dasar Kelas 1 di SDN 14 Mandonga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan tematik terpadu dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya dalam pembelajaran calistung memperlihatkan beberapa manfaat terhadap pembelajaran siswa diantaranya untuk mengetahui dan menganalisis proses pendekatan tematik terpadu dalam pembelajaran calistung. Untuk Mengetahui dan menganalisis Faktor apakah yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Calistung serta untuk mengetahui dan menganalisis pembelajaran apa dari calistung yang mendapat porsi paling dominan menggunakan pendekatan tematik terpadu pada siswa kelas 1 SDN 14 Mandonga.  Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung dalam kelas dilakukan secara sistematis. Secara umum, pembelajaran tematik terpadu yang diterapkan di kelas 1 pada prinsipnya terfokus dalam mengembangkan keterampilan siswa secara optimal, dimana melibatkan peran aktif siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pembelajaran Calistung; Pendekatan tematik terpadu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jwkp-ips.v3i1.7937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rismiatin Rismiatin, Barlian Barlian, Darnaawati Darnaawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.