Analisis Dimensi Utama dan Stabilitas “KM. Purnama 10” di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari

Dahniar Dahniar, La Anadi, La Ode Muhammad Yasir Haya

Abstract


Kapal purse  seine  di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari merupakan kapal yang dibangun secara tradisional tanpa menggunakan desain (naval arsitektur), sehingga kenyamanan dan keamanan kapal selama operasi penangkapan ikan belum diketahui secara pasti. Tujuan penelitian ini yakni mengkaji desain rasio dimensi utama dan stabilitas kapal purse seine KM. Purnama 10 di PPS Kendari dengan menggunakan metode studi kasus pada kapal yang berukuran dominan dan dianalisis dengan simulasi numerik dengan menggunakan software maxsurf stability untuk mendapatkan lengan penegak GZ.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa KM. Purnama 10 memiliki bentuk kasko round bottom dan rasio dimensi kapal pada kekuatan memanjang (L/D) yakni 13,75; tahanan dan kecepatan (L/B) yakni  5,79 dan stabilitas (B/D) yakni 2,38. Nilai tersebut berada pada standar acuan kapal-kapal (encircling) di Indonesia dan nilai stabilitas pada 4 kondisi pembebanan kapal tersebut bernilai positif (jauh di atas rekomendasi minimum IMO), sehingga kapal purse seine KM. Purnama 10 merupakan kapal yang memiliki stabilitas yang baik di PPS Kendari.

 


Keywords


desain kapal, Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, purse seine, rasio dimensi, stabilitas kapal

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jsipi.v5i2.12489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.