Analisis Pemanfaatan Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasarwajo Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara

La Ode Muh. Basri, Muslim Tadjuddah, Naslina Alimina

Abstract


Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) merupakan salah satu fasilitas yang vital dalam bidang perikanan tangkap.  PPI Pasarwajo akan berfungsi dan berperan dengan optimal bila didukung oleh fasilitas operasional dan pengelolaan yang baik.  Melalui pengelolaan yang baik maka pemanfaatan sarana dan prasarana akan lebih efektif dan efisien sehingga mendukung pencapaian tujuan PPI Pasarwajo.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat pemanfaatan fasilitas pokok dan fasilitas  fungional PPI Pasarwajo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan teknik pengambilan data primer dan sekunder melalui survei dengan cara melakukan pengamatan langsung di lapangan dan wawancara secara purposive sampling dengan nelayan, pihak PPI  dan staf dinas perikanan, meliputi: panjang dermaga, luas kolam pelabuhan, kedalaman alur pelayaran, luas gedung lelang, kebutuhan bahan logistic (BBM, air bersih, es balok), dan produksi hasil tangkapan. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan perbandingan nilai pemanfaatan fasilitas dengan nilai kebutuhan fasilitas yang ada pada saat penelitian dilakukan.

Tingkat pemanfaatan fasilitas PPI Pasarwajo yakni : Dermaga 46,2 meter, luas kolam 1.021,5 m2,kedalamankolam 3,5 m, tempat pelelangan ikan 36,3 m2  (10%), , instalasi air bersih 1 bak kapasitas 95,138 m3.   Berdasarkan  hasil evaluasi menunjukkan bahwa kondisi fasilitas yang ada belum dapat memberikan pelayanan, dimana fasilitas fungsional dan fasilitas penunjang dalam keadaan rusak akibat tidak termanfaatkan dan kurangnya perawatan.


Keywords


Fasilitas, Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), Tingkat pemanfaatan

Full Text:

PDF

References


Amnihani . 2010. Tingkat Pelaksanaan Fungsi Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara [Skripsi] : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Amnihani . 2008. Tingkat Pelaksanaan Fungsi Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Batu Kabupaten Aceh Barat [Skripsi] : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton. 2018. Kecamatan Pasarwajo Dalam Angka. Buton: BPS.

Bagakali, Y. 2000. Pedoman Pengoperasian, Pengelolaan dan Perawatan Pelabuhan Perikanan. Pelatihan Manajemen Pengelolaan Operasionil Pelabuhan Perikanan/Pangkalan Pendaratan Ikan. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

----------Direktorat Jenderal Perikanan. 1994a. Petunjuk Teknis Pengelolaan Pelabuhan Perikanan. Direktorat Jenderal Perikanan. Jakarta.

[DKP] Departemen Kelautan dan Perikanan. 2006. Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER. 16/MEN/2006 tentang Pelabuhan Perikanan. Jakarta: Departemen Kelautan dan Perikanan.

Direktorat Jendral Perikanan. 1981. Standar Rencana Induk dan Pokok-pokok Desain untuk Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan. PT. Inconeb. Jakarta.

[DKP] Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Buton. 2018. Jumlah Nelayan dan Unit Penangkapan Ikan. 2018. Laporan Tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Hanafiah, A. M dan A. M. Saefudin, 2006. Tata Niaga Hasil Perikanan. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Keputusan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap No. 41/KEP-DJPT/2015 tentang Pedoman Umum Perhitungan Pengembangan Pelabuhan Perikanan.

Kramadibrata, S. 2002. Perencanaan Pelabuhan. Bandung: Penerbit ITB.

(KKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2012. Peraturan Menteri No.08/MEN/2012 tentang Pelabuhan Perikanan. Jakarta: KKP.

Lubis, E. 2006. Pengantar Pelabuhan Perikanan. Bogor: Departemen Pemanfaatn Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Lubis, E. 2005. Pengantar Pelabuhan Perikanan.: Laboratorium Pelabuhan Perikanan, Departemen Pemanfaatan Pelabuhan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rahardjo, B. 2008. Evaluasi Daya Dukung Pangkalan Pendaratan Ikan Klidang Lor Kabupaten Batang Untuk Pengembangan Perikanan Tangkap. [Tesis]. Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Pantai. Program Pascasarjana. Universitas Diponogoro. Semarang.

Soemarto. 1975. Ilmu Perikanan Pengusahaan dan pengelolaan. Jakarta: Akademi Usaha Perikanan.

Suyitno , S.R. 2009. Keragaan Unit Penangkapan Ikan di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton [Skripsi] : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jsipi.v4i2.12378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.