STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA OLAHAN IKAN CAKALANG ASAP (STUDI KASUS CV. OME TRD COY DI PPS KENDARI KELURAHAN PUDAY KECAMATAN ABELI KOTA KENDARI)

Lufty Khumayrah Latiro, - Budiyanto, Sjamsu Alam Lawelle

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di CV.OME TRD COY cabang Kendari di Pelabuhan Perikanan Samudra Kendari selama periode bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan usaha olahan ikan cakalang asap. penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) pada CV. OME TRD COY. Data diperoleh melalui wawancara berdasarkan kuesioner. Data yang dikumpulkan antara lain, a) kekuatan (menggunakan modal sendiri, produk tidak menggunakan bahan pengawet, memiliki sertifikasi halal, keahlian dan ketersediaan tenaga kerja, lokasi strategis, listrik dan air ditanggung PPS), b)kelemahan (kurangnya karyawan yang ahli untuk mempromosikan produk), c)peluang (kerjasama dengan restoran Jepang, permintaan masyarakat penyuka makanan Jepang, AMDAL ditanggung PPS), dan d)ancaman (persaingan produk sejenis, bahan baku yang terbatas pada waktu tertentu, harga bahan baku yang tinggi pada waktu tertentu). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Dari hasil analisis diketahui bahwa strategi pengembangan usaha yang dijalankan oleh CV. OME TRD COY agar dapat mengembangkan ikan cakalang asap adalah menjaga konsistensi kualitas produk yang tidak menggunakan bahan pengawet, meningkatkan strategi pengembangan produk bukan hanya pada penitipan diswalayan, meningkatkan promosi produk ikan cakalang asap agar mampu menjangkau pasar lebih luas, menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan berbagai restoran Jepang, meningkatkan kerja sama dengan penyedia bahan baku, meningkatkan strategi bersaing dengan pengembangan variasi jenis ikan asap kemasan dan ukuran produk ikan cakalang asap yang diproduksi, mengembangkan strategi pengolahan ikan asap untuk mencipatkan variasi, dan mengembangkan desain produk agar sesuai dengan kecenderungan pasar. Berdasarkan hasil analisis yang diketahui, perusahaan CV. OME TRD COY layak untuk terus dikembangkan agar produksi olahan ikan cakalang asap semakin meningkat dan menembus pasar internasional yang lebih luas.

Kata Kunci : Ikan Asap, Strategi Pengembangan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jsep.v4i3.8968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2502-664X