ANALISIS PROSES PENAMPUNGAN UDANG DAN PEMASARAN SERTA TINGKAT HPP UDANG SAMPAI TINGKAT PERMINTAAN AKHIR DESA LANGERE KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA

- Siswanto, La Onu La Ola, Irdam Riani

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan di Desa Langere selama periode bulan Mei sampai bulan Juni 2018, dengan tujuan untuk mengkaji proses, penampungan udang, pemasaran udang dari nelayan ke penampung sampai ke konsumen akhir dan tingkat Harga Pokok Penjualan (HPP) udang di pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Pelaku usaha terdiri atas 4 orang pedagang penampung udang dan 2 orang pedagang pengecer. Data diperoleh melalui wawancara secara langsung menggunakan kuesioner. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah umur, jumlah tanggungan, penampung/pengecer, tingkat pendidikan, produksi, biaya dan harga penjualan. Analisis yang digunakan yaitu HPP (HPP=TC/Q), dimana HPP = Harga Pokok Penjualan (Rp/kg), TC = Total Cost/Total Biaya (Rp) dan Q = Quantity/Jumlah Komoditi (Unit). Hasil penelitian menujukan bahwa proses penampungan udang, nelayan menimbang kepenampung, penampung melakukan pengepakan dan pengawetan. Proses pemasaran mulai dari nelayan menjual kepenampung, penampung menjual ke pengecer, pengecer langsung menjual ke konsumen Rumah Tangga. Nilai rata-rata HPP udang di pedagang pengumpul adalah Rp56.907/kg, dengan harga jual Rp60.000/kg, sedangkan  nilai rata-rata HPP udang di pedagang pengecer Rp61.065/kg, dengan harga jual Rp65.000/kg. Berdasarkan nilai tersebut menunjukan bahwa perbedaan harga pokok penjualan terjadi karena berbedanya total biaya yang dikeluarkan dan produksi yang dihasilkan oleh pedagang pengumpul dan pedagang pengecer udang.

Kata Kunci : Proses Penampungan, Proses Pemasaran, Tingkat Hpp Udang


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jsep.v4i3.8966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2502-664X